Blogger Widgets

07 Juni 2009

Arti Cinta Buat-Ku


Love, :L Falling in love. Hayo siapa yang lagi jatuh cinta nih?? :z ngaku ayo ngaku. :z Siapa sih yang tidak ingin jatuh cinta? :d Semua orang juga tau bahwa jatuh cinta adalah anugerah terindah yang hadir dalam hidup kita! Kita juga tau bahwa cinta adalah karunia Allah yang tak terukur oleh materi apapun di dunia ini sehingga orang rela meninggalkan gemerlapnya dunia demi menggapai cinta. Bahkan ada pepatah yang mengatakan kalau orang yang sedang jatuh cinta serasa dunia milik berdua, yang lain mah ngontrak.heheheheehe. :)

Cinta dari zaman baheula sampai sekarang telah menjadi inspirasi jutaan orang. Begitu dahsyatnya kekuatan cinta hingga mampu membuat seseorang melakukan hal yang muskil. Lihat aja, legenda Gunung Tangkuban Perahu di mana Sangkuriang rela membuat danau berikut perahunya hanya dalam satu malam demi Dayang Sumbi tercinta yang ternyata ibu kandungnya sendiri. Hal ini juga terjadi pada legenda Candi Lorojonggrang, Bandung Bondowoso menyanggupi untuk membuat 1000 candi dalam semalam bagi putri yang sangat dicintainya, Lorojonggrang. Nah, zaman sekarang malah lebih canggih lagi bahkan ada seorang gadis rela mengorbankan keperawananya kepada sang pacar hanya demi cinta, terus ada yang mencoba bunuh diri hanya karena diputusin sang pacar. Padahal belum tentu sang pacar juga benar-benar sayang dan cinta, serta belum tentu juga pacar kita merupakan jodoh yang ditetapkan Allah SWT buat kita. :f Segitu dahsyat kah kekuatan cinta, sampai-sampai bila berhadapan dengan cinta langsung tekuk lutut. Kayanya nggak usah disebutin satu-satu deh, daftarnya ngak bakalan muat. Heheheehhe. Intinya mah masih banyak orang yang salah mengartikan cinta sehingga tidak dapat menempatkan cinta pada tempatnya. Ujung-ujungnya cinta hanya menjadi pemuas belaka. Cinta tidak lagi menjadi suatu anugerah dari-Nya yang indah. :c

Kalian juga jangan takut lo sama yang namanya cinta, kalau kita bisa mengartikan cinta itu amanah, rasanya dunia akan damai dan tentram. Yakin deh, nggak akan ada lagi kasus-kasus sereeeem yang mengatasnamakan cinta. Karena jika cinta diartikan sebagai amanah dari illahi, maka setiap orang akan berusaha menjaga kesucian cinta sesuai dengan aturannya. Jika sedikit saja cinta melenceng dari kekuatan dan syariat-Nya, maka petaka yang terjadi, cinta bukan lagi menjadi anugrah tapi jadi prahara. Bahkan seorang sufi bernama :x Imam Al-Ghazali mengatakan, cinta membuat orang memilih ucapan kekasihnya ketimbang ucapan orang lain (bahkan ortunya pun terkadang nggak didengerin, ih kualat bangat ya!) :@ , memilih duduk bersama kekasihnya ketimbang duduk bersama orang lain (kasihan ya keluarganya, dicuekin!! :$ hehehe) dan memilih ridho kekasihnya ketimbang ridho orang lain (hehehehe emang ada ya ridho kekasih = ridho ortu, yang ada juga ridho ortu = ridho Allah SWT).

Duh da panjang lebar bicara tentang cinta, tapi kalian tau ga definisi cinta itu sendiri?? Terus makna cinta buat kalian tu apa sih?? Yuk kita bahas dan cari sama-sama definisi cinta yang sebenarnya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia cinta adalah kasih saya, sedangkan menurut Wikipedia cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan afeksi terhadap seseorang. :t Hmmmmmmm kalau menurut aq cinta adalah ??????? (jawab nggak ya!! :# jawab, nggak, jawab, nggak, jawab, nggak, jawab aja deh!hehehe), nih jawabnya!!

Ada pepatah yang mengatakan kalau hidup itu perjuangan dan pengorbanan, so menurut aq :x Cinta itu Perjuangan dan Pengorbanan. Maksudnya apa ya??? gini lo maksudnya, bila kita ingin dicintai dan mencintai kan butuh tuh yang namanya perjuangan seperti merebut perhatiannya, simpatinya, mencari nomor teleponya, alamatnya, tanggal ultahnya, dan sebagainya. Biasanya kalau kita ingin mendapatkan sesuatu kan butuh perjuangan, kata pepatah “beraki-rakit ke hulu bersenang-senang kemudian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian” hihihi. Hal ini juga berlaku untuk cinta lo!!!!. Terus kalau pengorbanan itu merupakan bukti tertinggi dari cinta. Belum dikatakan cinta jika tidak berani berkorban untuk orang yang dicintai (cieeee :p ampe segitunya!). Tapi jangan salah kapra ya, karena cinta itu pengorbanan kalian mau aja disuruh menyerahkan harga diri kalian sama sang pacar hanya sebagai bukti cinta. Ingat ya, cinta itu pengorbanan selama berada dalam koridor syar’i seperti pengorbanan seorang ibu ketika melahirkan dan membesarkan kalian, pengorbanan ayah ketika harus membanting tulang untuk menafkahi keluarganya, pengorbanan Nabi Ibrahim untuk menyebeli putra cintanya dan pengorbanan Rasulullah dan para sahabatnya ketika hijrah ke Madih meninggalkan harta dan sanak saudaranya. So pengorbanan seperti itu yang perlu dilakukan untuk membuktikan cintamu.

Katanya dalam menjalani hidup itu harus jujur dan ikhlas, begitu juga cinta. :o Cinta itu kejujuran dan keikhlasan. Cinta itu butuh kejujuran dari para pelakunya, bukan pencinta sejati jika masih sering bohong pada orang yang dicintai. Jika cinta dilandasi dengan kebohongan, hanya kekecewaan dan cinta pun tidak akan langgeng. Selain kejujuran cinta pun butuh keikhlasan, katanya cinta tapi kok perhitungan sih. Cinta sejati itu tanpa pamrih, selalu berusaha untuk memberi tanpa mengharapkan balasan. Cinta yang seperti ini yang dapat membuat kita termotivasi untuk memberikan yang terbaik dan memilih memberi dari pada menerima. Pepatah juga mengatakan “Tangan diatas lebih baik dari pada tangan dibawah”, so lebih baik memberi dari pada menerima. Betul ga?? :z

Banyak orang yang berubah sifat dan prilakunya karena cinta. Mending kalau menjadi lebih baik dan enjoy melakukanya tapi kalau sebaliknya, gimana dong ??? Menurut aq Cinta itu menjadi diri sendiri dan menerima apa adanya. :d Cinta tak harus membelenggu kita dan menjadikan kita orang lain. Bukanlah cinta namanya kalau menuntut ini itu sama orang yang dicintai. Seperti halnya unutuk menerima orang yang kita cintai apa adanya, maka kita pun harus menjadi diri sendiri tanpa harus mengelabui diri untuk menjadi seperti yang diinginkan oleh orang yang dicintai. So kita harus yakin kalau dia mencintai kita, maka dia pun akan menerima kita apa adanya. Tapi, ada satu pengecualian, ketika kita berikrar cinta pada-Nya maka kita harus menjadi seperti yang diinginkan oleh-Nya seperti yang telah diatur dalam kitab-Nya.

Satu hal yang penting kalau :~ Cinta itu kepercayaan. Jika kita sudah mengikrarkan diri untuk mencintai, maka rasa percaya harus ditumbuhkan. Ketika orang yang kita cintai berbuat kesalahan atau menyakiti hati, itu bukan berarti ia tidak mencintai kita lagi. Yakinlah bahwa rasa cinta yang dalam akan selalu menyisakan ruang untuk sebuah perbedaan dan kuncinya adalah rasa percaya.

Yah gitulah definisi dan makna cinta buat saya, namun satu yang tak boleh dilupakan kalau cintapun memiliki prioritas dan yang menduduki :y posisi tertinggi untuk cinta kita adalah Allah SWT yang telah memberikan nikmat hidup sehingga kita bisa merasakan indahnya dunia. Bila kita merasakan cinta Allah SWT, tak ada bentuk apapun yang mampu memalingkan wajah kita dari cinta Allah SWT. Meski Allah SWT memberikan cintanya hanya seberat setengah biji atom, itu lebih dari cukup unutuk membuat kita tak ingin beranjak dari sisi-Nya. Nah, teman-teman sekarang apa definisi dan makna cinta buat mu??? kita berbagi yu!!! :D

0 komentar on " Arti Cinta Buat-Ku "

Posting Komentar

Hal-Hal yang harus diperhatikan dalam berkomentar :
1.Budayakan berkomentar setelah membaca dan berilah komentar yang relevan dengan topik postingnya.
2.Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum dan tolong jangan menaruh SPAM seperti beriklan di kolom komentar ini.
3.Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat. Anda dapat menggunakan gambar diatas dengan menuliskan kode yang ada disamping gambar.
4.Wajib mengisi nama (kalau bisa nama asli) dan alamat email. Jika ada alamat web harap dicantumkan agar saya bisa mengunjungi anda.

 

Cafe Samudra Cinta Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez